Alasan Pelajar Perlu Kuliah Di Luar Negeri – Tahun 2020 lalu yang di sebabkan oleh pandemi covid-19 memang telah membawa banyak perubahan drastis bagi kita semua. Salah satunya adalah kita tidak di perbolehkan untuk keluar secara bebas. Yang kita lakukan tiap hari hanya berdiam diri di rumah agar dapat mencegah virus corona tidak semakin menyebar, wajar saja jika banyak orang merasa berbagai aspek hidup mereka telah menjadi stagnan.

Alasan Mengapa Semua Pelajar Perlu Kuliah Di Luar Negeri

Dan apabila salah satu dari kamu yang merasa pandemi Covid-19 telah membuat perjalanan studimu seperti jalan di tempat, ada baiknya kamu mulai mengambil langkah maju dengan merencanakan studi di luar negeri.

Pandemi ini telah membuat perjalan ke luar negeri lebih sulit, namun sebenarnya masih ada banyak alasan untuk merencanakan kuliah ke luar negeri. Belum percaya? Coba baca 10 alasan berikut tentang mengapa kamu perlu sekolah / kuliah di mancanegara.

1. Mendapatkan Pendidikan Berkualitas Tinggi

Saat merencanakan studi, tujuan utamamu pasti untuk mendapatkan kualitas dan fasilitas pendidikan terbaik. Seringkali pilihan jurusan dan universitas terbaik yang sesuai dengan kriteria ini akan ada di luar negeri.

Contohnya, Inggris, AS dan Australia memiliki sistem pendidikan tinggi yang dikagumi oleh dunia dan sebagian besar universitas-universitas internasional berperingkat tinggi ada di 3 negara ini.

Negara-negara tersebut juga memiliki berbagai universitas yang berpengalaman dalam masalah perkuliahan online, jadi tidak perlu khawatir jika belum bisa berpergian ke luar negeri untuk mengikuti perkuliahan tatap muka di kampus.

2. Mempelajari Berbagai Perspektif Baru

Tiap negara memiliki budaya dan caranya tersendiri untuk berinteraksi dengan dunia luas. Jadi belajar di luar negeri dapat memberikanmu kesempatan unik untuk mempelajari berbagai hal melalui perspektif budaya negara tujuanmu.

Kamu juga dapat berinteraksi dengan mahasiswa internasional dari negara-negara lain yang pasti memiliki sudut pandang baru yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Semua perspektif baru ini bisa membantumu melakukan evaluasi mandiri mengenai pola pikirmu selama ini dan mengasahnya menjadi lebih baik.

3. Memperluas Jejaring Internasional

Dengan kuliah di luar negeri, secara otomatis kamu akan menjadi bagian dari komunitas mahasiswa internasional di universitas pilihanmu. Tak perlu khawatir tidak akan memiliki teman, karena akan ada banyak acara-acara sosial yang bertujuan membantu mahasiswa internasional menjalin pertemanan dan jejaring baru.

Walaupun kebanyakan mahasiswa internasional akan kembali ke negara asalnya setelah lulus, mereka biasanya tetap berhubungan dengan teman-teman kuliah untuk seterusnya. Ini berarti kamu bisa mendapatkan berbagai berita terbaru dan peluang karir internasional dari teman-teman kuliahmu di luar negeri.

4. Mengembangkan Penguasaan Bahasa Asing

Penguasaan bahasa asing adalah salah satu keterampilan yang paling banyak dicari pemberi kerja. Dengan kuliah di luar negeri, kamu berkesempatan mengembangkan pemahamanmu mengenai bahasa negara tujuanmu.

Kamu mungkin sudah pernah mengambil kursus bahasa asing di Indonesia, tapi kuliah di negara asal bahasa tersebut akan membantumu mendalami bahasa itu dengan lebih menyeluruh. Beragam universitas internasional bahkan memiliki program bahasa khusus untuk membantu mahasiswa internasional menguasai bahasa setempat sebelum mereka memulai perkuliahan.

5. Meraih Pengalaman Kerja Di Mancanegara

Bekerja di luar negeri adalah hal yang tak hanya memperkaya CV / resume saja, namun memberikanmu pengalaman yang berharga. Banyak negara memiliki visa kerja pasca-studi yang khusus diberikan kepada mahasiswa internasional yang kuliah di negara tersebut.

6. Kesempatan Mendapatkan Status Permanent Resident Di Luar Negeri

Dengan kuliah di luar negeri, kamu akan mendapatkan prioritas utama saat melamar pekerjaan di berbagai industri esensial. Setelah bekerja beberapa tahun, kamu juga bisa mengajukan status permanent resident.

Salah satu negara yang memiliki kebijakan seperti ini adalah Kanada. Setelah lulus, mahasiswa internasional di Kanada bisa mendapatkan PGWP (Post-Graduation Work Permit) yang berlaku hingga 3 tahun.

Untuk menanggapi pandemi Covid-19, Pemerintah Kanada juga telah mengeluarkan kebijakan perpanjangan PGWP agar para mahasiswa internasional yang telah lulus bisa memasuki industri-industri yang kekurangan tenaga kerja. Setelah mendapatkan pengalaman kerja yang cukup, mereka bisa mengajukan status permanent resident.