5 Universitas Negeri Amerika yang Bisa Jadi Pilihan – Banyak universitas di Amerika yang terkenal karena kualitasnya yang mumpuni.  Universitas swasta maupun universitas negri, keduanya memiliki reputasi yang sangat baik. Sejumlah universitas negeri ini menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dengan biaya yang lebih terjangkau.

Universitas-universitas ini berlokasi di seluruh negeri dan hampir semua universitas negeri memiliki biaya yang lebih murah daripada swasta.  Alumni yang memiliki karir yang sangat baik di sejumlah universitas ini juga memiliki alumni yang cukup banyak dan kebanyakan dari mereka memiliki karir yang sangat baik.

Sebagai salah satu tujuan popular untuk berkuliah, Amerika menawarkan deretan universitas negeri yang tak kalah mumpuni dari universitas swasta. Jika di sandingkan dengan universitas bergengsi lainnya, reputasi dan kualitas pendidikannya sangatlah layak.

5 Universitas Negeri Amerika yang Bisa Jadi Pilihan

1. University of California–Los Angeles (UCLA)

University of California—Los Angeles adalah institusi publik yang telah berdiri sejak 1919. Universitas ini memiliki total pendaftaran sarjana lebih dari 31 ribu, dan ukuran kampusnya adalah 419 hektar.

Biaya kuliah di universitas ini berkisar antara $42.980 untuk pelajar internasional. Telah lama berdiri, universitas ini cukup mumpuni dalam hal kualitas pembelajaran dan reputasi akademiknya.

2. University of California—Berkeley

University of California—Berkeley adalah institusi publik yang didirikan pada tahun 1868. Kampus ini memiliki total pendaftaran sarjana 31.780 dengan ukuran kampus sekitar 1.232 hektar.

Kampus ini menggunakan kalender akademik berbasis semester. Dalam Best Colleges 2021, kampus ini berada di peringkat ke-22. Biaya kuliah di kampus ini sekitar $43.980 untuk pelajar internasional.

3. University of Michigan–Ann Arbor

University of Michigan—Ann Arbor adalah institusi publik yang telah berdiri mulai tahun 1817. Universitas ini memiliki total pendaftaran sarjana hingga 31.266. Ukuran kampusnya berkisar 3 ribu hektar.

Menggunakan kalender akademik berbasis trimester, kampus ini telah memiliki reputasi akademik yang terbilang cukup bagus. Dalam Best Colleger 2021, kampus ini berada di peringkat ke-24. Biaya kuliah berkisar $52.266 untuk pelajar internasional.

4. University of Virginia

Kampus yang didirikan oleh Thomas Jefferson ini adalah lembaga publik yang telah ada pada tahun 1819 dan terletak di Charlottesville. Universitas ini memiliki total pendaftaran sarjana 17.011. Kampus ini terletak di pinggiran kota dengan ukuran kampus adalah 1.682 hektar.

Pembelajarannya menggunakan kalender akademik berbasis semester. Biaya kuliah yang diperlukan berkisar $52.957.

5. University of North Carolina—Chapel Hill

University of North Carolina—Chapel Hill adalah institusi publik yang telah ada pada 1789. Kampus ini memiliki ukuran sekitar 729 hektar yang berlokasi di pinggiran kota. Kampus ini juga terkenal sebagai UNC dan menawarkan berbagai macam kegiatan mahasiswa.

Sistem pembelajaran menggunakan kalender akademik berbasis semester. Biaya kuliah rata-rata menghabiskan dana sekitar $36.200 per tahunnya.

Selain dari lima universitas ini, masih ada beberapa universitas negeri Amerika yang bisa jadi pilihan. Kamu boleh saja memilih satu universitas terbaik yang sesuai dengan minat kamu.