Universitas Terbaik Di Rusia Yang Wajib Diketahui

Beberapa universitas terbaik di Rusia patut menjadi pertimbangan bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Selain terkenal sebagai salah satu negara yang menyediakan perkuliahan dengan biaya terjangkau, kualitas sistem pendidikan di Rusia juga sangat baik dan sesuai bagi para mahasiswa yang masih minim dalam penggunaan bahasa Inggris.

Beragam testimonial dari para pelajar Indonesia yang sudah menyelesaikan pendidikan baik S1, S2 sampai S3 di negeri beruang merah tersebut. Mengatakan bahwa sistem pendidikan disana tidak kalah hebat jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa, Amerika, ataupun Ausralia.

Berikut adalah daftar Universitas terbaik di Rusia yang paling direkomendasikan:

1. Lomonosov Moscow State University (Lomonosov MSU)

Moscow State University (MSU) merupakan satu-satunya universitas di Rusia yang masuk dalam peringkat 100 besar dalam QS World University Ranking terbaru 2021.

Universitas ini berdiri pada tahun 1755 yang hingga saat ini dikenal dengan keunggulannya dalam bidang penelitian. Setidaknya terdapat 20 bidang studi di kampus ini yang termasuk dalam ranking dunia, diantaranya Matematika, Linguistik, Bahasa Modern, Fisika dan Astronomi dalam 50 besar dunia diikuti dengan Ilmu Komputer dalam Top 100 dunia.

Untuk universitasnya sendiri meraih peringkat 114 secara global dan peringkat 4 BRICS.

2. Saint Petersburg State University

Universitas terbaik kedua di Rusia ini merupakan anggota dari Coimba Group, sebuah asosiasi yang sangat disegani oleh universitas-universitas di Eropa.

Saint Petersburg State University (SPbU) termasuk salah satu universitas tertua dan terbesar di Rusia yang telah berdiri sejak tahun 1724.

Bidang studi unggulan di Saint Petersburg State University adalah Teknik mineral dan Pertambangan, Linguistik, Matematika, Filsafat, Bahasa Modern serta Sejarah. Kampus ini berhasil menempati peringkat 15 BRICS dan 233 di tingkat dunia.

3. Novosibirsk State University

Novosibirsk State University (NSU) adalah salah satu institusi pendidikan tinggi yang terkemuka di Rusia terutama dalam bidang sains.

Universitas ini berdiri pada tahun 1958 telah dikenal dengan aktivitas penelitiannya yang mencakup semua tingkatan pendidikan serta keterlibatan ilmuwan terkemuka di dalamnya. Meskipun berfokus pada sains, NSU juga menawarkan jurusan ekonomi, humaniora dan hukum dalam berbagai tingkatan gelar.

Pada tahun 2015, kampus ini berhasil meraih peringkat 19 BRICS dan 328 di dunia. Dari enam mata studi yang meraih peringkat internasional, diantaranya Matematika, Fisika, dan Astronomi berhasil menempati Top 150 diikuti dengan Filosofi dalam Top 200 Dunia.

4. Bauman Moscow State Technical University

Sebagai universitas tertua dan juga terbesar di Rusia yang didirikan pada tahun 1830, Bauman Moscow State Technical University (BMSTU) adalah universitas teknik yang berlokasi di Moscow.

Selain menawarkan berbagai program berkualitas dalam bidang teknik, universitas ini juga dikenal dengan perpustakaan ilmiahnya yang termasuk salah satu terlengkap di Rusia.

Pada tahun 2015, kampus ini berhasil meraih peringkat 322 di dunia serta 35 untuk BRICS. Tidak hanya itu, universitas ini juga menawarkan akomodasi gratis setiap tahunnya bagi para mahasiswa serta terkenal baik dalam mengajar mahasiswa yang mengalami gangguan pendengaran.

5. Tomsk State University

Didirikan pada tahun 1878 di Siberia, Tomsk State University adalah salah satu sekolah riset publik yang terdepan di rusia. Ada lebih dari 150 program yang ditawarkan oleh universitas yang juga tersohor dengan koleksi perpustakaan ilmiahnya ini.

Tomsk State University berhasil meraih peringkat 44 BRICS, 491-500 ranking dunia, serta mata studi Modern Language yang meraih 300 besar dunia.

Bidang unggulan di universitas ini adalah fisika dan ekonomi yang juga meraih Top 400 ranking dunia.

6. Moscow Institute of Physics and Technology State University (MIPT)

PhysTech adalah nama informal yang paling populer untuk Moscow Institute of Physics and Technology (MIPT). Hal ini disebabkan bidang yang ditawarkan di universitas ini spesifik dalam bidang fisika teori dan terapan, matematika dan disiplin terkait lainnya.

Universitas ini didirikan di Moskow pada tahun 1946 dan hingga kini menjadi salah satu universitas terdepan di Rusia khususnya dalam bidang fisika.

Berdasarkan BRICS Rankings perguruan tinggi ini berada pada ranking ke-45 sekaligus memperoleh ranking ke 411- 420 terbaik dunia.

Pencapaian luar biasa dari universitas ini adalah terdapat hingga 8 profesor yang memperoleh Nobel. Jurusan yang masuk dalam ranking 200 di perguruan tinggi ini adalah jurusan astronomi dan fisika. Sedangkan untuk Jurusan Matematika masuk dalam ranking 400 top dunia.