10 Universitas Terbaik di Dunia Versi QS World University Rankings

10 Universitas Terbaik di Dunia – QS World University Rankings (WUR) telah merilis daftar pemeringkatan universitas terbaik dunia. QS menilai dari pemeringkatan terhadap 1.000 universitas top dunia di dunia tahun ini hanya terjadi sedikit pergerakan di peringkat teratas. Pemeringkatan QS World University berdasarkan reputasi akademik hingga jumlah siswa internasional yang terdaftar.

Lalu apa saja universitas terbaik di dunia menurut versi QS World University Rankings?

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) didirikan pada tahun 1861 dan awalnya hanyala sebuah komunitas kecil pemecah masalah dan pencinta sains yang ingin membawa pengetahuan mereka ke dunia.

Saat ini, MIT telah berkembang menjadi raksasa pendidikan dengan sekitar 1.000 anggota fakultas dan lebih dari 11.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

2.University of Oxford

University of Oxford adalah universitas tertua di dunia berbahasa Inggris, dan sebenarnya sangat kuno sehingga tanggal pendiriannya tidak diketahui – meskipun diperkirakan bahwa pengajaran berlangsung di sana pada awal abad ke-11.

3. Stanford University

Stanford University terletak di jantung Sillicon Valley, California Utara. Yang juga merupakan rumah bagi Yahoo, Google, dan banyak perusahaan teknologi mutakhir lainnya yang didirikan oleh dan terus dipimpin oleh alumni dan fakultas Stanford.

Dijuluki “pabrik miliarder”, karena dikatakan bahwa jika lulusan Stanford membentuk negara mereka sendiri, negara itu akan membanggakan salah satu dari sepuluh ekonomi terbesar di dunia.

4. Harvard University

Didirikan pada tahun 1636, Harvard adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat, dan secara luas dianggap dalam hal pengaruh, reputasi, dan silsilah akademiknya sebagai universitas terkemuka tidak hanya di AS tetapi juga dunia.

5. California Institute of Technology (Caltech)

Institut Teknologi California (Caltech) adalah lembaga penelitian dan pendidikan sains dan teknik yang terkenal di dunia.

Caltech memiliki hasil penelitian yang tinggi serta banyak fasilitas berkualitas tinggi seperti Jet Propulsion Laboratory (dimiliki oleh NASA), Caltech Seismological Laboratory, dan International Observatory Network.

6. University of Cambridge

7. Imperal College London

8. ETH Zurich

9. UCL

10. University of Chigago

Indikator penilaian

QS WUR menggunakan enam indikator dalam pemeringkatan yaitu:

  1.  Reputasi akademik (40%) untuk mengukur unsur akademik secara menyeluruh
  2. Reputasi lulusan (10%) mengidentifikasi performa dan kualitas lulusan universitas di mata para pimpinan perusahaan
  3. Rasio fakultas dan mahasiswa (20%) untuk mengukur komponen yang menunjang keberlangsungan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi seperti jumlah tenaga pendidik berbanding dengan jumlah mahasiswa
  4. Kutipan jurnal ilmiah (20%) mengukur jumlah kutipan (citation), jumlah publikasi ilmiah, serta dampak penelitian yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat
  5. Fakultas internasional (5%) mengukur jumlah ekspatriat/tenaga pendidik asing di fakultas/perguruan tinggi
  6. Mahasiswa internasional (5%) mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas/perguruan tinggi