Universitas Jurusuan Kebidanan Terbaik di Indonesia

Jurusuan Kebidanan Terbaik di Indonesia – Kebutuhan tenaga kesehatan di Indonesia terus bertambah seiring laju populasi yang meningkat. Bidan adalah salah satu tenaga kesehatan yang punya peran vital.

Menjadi bidan merupakan salah satu cita-cita yang populer di kalangan anak perempuan. Banyak pilihan kampus yang menyediakan program studi pendidikan kebidanan jenjang sarjana maupun profesi.

Berikut ini adalah daftar perguruan tinggi yang menyediakan program studi S1 Kebidanan dan/atau Profesi Bidan.

1. Universitas Brawijaya

Universitas pertama yang bisa kamu andalkan untuk masuk dalam Jurusan Kebidanan dimulai dari Jawa Timur, Brawijaya. Berlokasi di Kota Malang membuka Program Studi Kebidanan untuk jenjang S1. Pada SBMPTN 2019 ini, Universitas Brawijaya menyediakan 44 kursi untuk Prodi Kebidanan.

Nantinya lulusan dari Universitas Brawijaya pada jurusan kebidanan bisa berkontribusi untuk melayani kebutuhan masyarakat.

2. Universitas Airlangga

Selain Universitas Brawijaya, kampus negeri lain di Jawa Timur yang membuka Prodi S1 Pendidikan Bidan adalah Universitas Airlangga Surabaya. Dan berhasil mendapatkan akreditasi A. Daya tampungnya pada SBMPTN 2019 adalah 30 kursi.

3. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran UNPAD juga membuka calon mahasiswa untuk mengambil jurusan kebidanan. Mulai dari D3, D4, dan S1 sesuai minat anda. Meskipun jurusan ini terbilang sangat baru, tapi fasilitasnya terbilang sangat lengkap.

4. Universitas Hasanuddin

UNHAS juga menyediakan jurusan kebidanan dan mulai menerapkan program S1.

Di kampus Universitas Hasanuddin, fakultas kebidanan juga sering mengadakan berbagai macam seminar yang dapat diikuti oleh kalangan civitas akademika kampus tersebut.

5. Universitas Gadjah Mada

Berada dalam jajaran tiga besar kampus terbaik di Indonesia, Universitas Gadjah Mada juga membuka kelas di bidang kebidanan, yaitu Program Studi Sekolah Vokasi DIV Bidan Pendidik. Daya tampungnya pada tahun 2019 ini cukup banyak, 80 kursi.

6. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka Program Studi DIV Kebidanan Sarjana Terapan yang berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran. Daya tampungnya pada penerimaan mahasiswa tahun 2019 ini sebanyak 40 kursi.

7. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Politeknik Kementerian Kesehatan Yogyakarta memiliki dua jenjang Prodi Kebidanan, yaitu DIII dan DIV Sarjana Terapan. Kampusnya terpisah dari gedung utama, terletak di kawasan Jalan Mangkuyudan Yogyakarta.

8. Poltekkes Kemenkes Semarang

Politeknik Kementerian Kesehatan Semarang membuka Prodi Kebidanan untuk jenjang DIV di kampus Semarang dan Magelang. Selain itu, ada juga Program Studi Profesi Bidan di kampus Semarang.

9. Poltekkes Kemenkes Jakarta III

Kampus Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta III membuka tiga jenjang Prodi Kebidanan. Prodi DIII Kebidanan berlokasi di kampus utama, kawasan Pondok Melati Bekasi.

Sementara itu, untuk Prodi DIV Kebidanan dan Profesi Bidan berada di kampus Pulomas, Jakarta Timur.

10. Universitas Indonesia

Terakhir ada Universitas Indonesia dimana menyediakan program D4 atau S1 kebidanan. Seiring berjalannya waktu kebidanan di UI telah menjadi fakultas populer dan diminati banyak calon mahasiswa baru.