Rekomendasi Sekolah Musik Terbaik Di Dunia

Sekolah Musik Terbaik Di Dunia – Mendalami seni bermusik di sekolah atau universitas ternama di dunia tentunya menjadi impian semua orang yang memiliki bakat di bidang musik.

Tidak hanya sekadar memberikan ilmu yang lebih dalam seputar dunia musik, sekolah dan universitas musik yang berkualitas tentu dapat membantu murid-muridnya dalam mengekspresikan musik sesuai dengan gaya mereka.

Faktanya, ada banyak sekolah dan universitas dengan program musik tetapi hanya segelintir yang telah mengembangkan reputasi baik sebagai pioneer yang sangat berkualitas dan itulah yang kamu inginkan.

Untuk itu, ayo intip 5 sekolah musik terbaik di dunia di bawah ini untuk membantumu menerka dimana kamu ingin melanjutkan pendidikan musikmu agar dapat sukses berkarir setelahnya!

1. The Julliard School

Berada di Lincoln Center of Performing Arts, New York City, Amerika Serikat, sekolah yang sudah terkenal kualitasnya, baik di dalam maupun luar negeri. Mereka siap menyediakan tempat pendidikan musisi kelas dunia.

Proses masuknya tidak mudah, mengingat mereka hanya menerima 7,6% dari pelamar. Mereka memiliki akses terhadap fasilitas musik kelas dunia yang sudah popular. Misalnya seperti penggunaan Lincoln Center yang megah untuk pertunjukan seni. Para siswa pun rutin unjuk gigi untuk publik.

Divisi musik mereka dilengkapi juga dengan teknologi musik, studi musik jazz, pertunjukan historis, seni vokal, opera, tari serta drama. Kualitas mereka ditunjang juga dengan anggota fakultasnya yang merupakan orang-orang professional atau para musisi terkemuka.

2. The Royal College of Music, London

Berdasarkan QS Rankings 2018, RCM menempati posisi nomor 2 di dunia setelah The Julliard School dan menempati posisi pertama di Eropa sebagai universitas terbaik untuk jurusan Performing Arts.

Berlokasi di kota London, The Royal College of Music (RCM) didirikan pada tahun 1882. RCM menjadi rumah bagi sejumlah figur penting di dunia musik. Ada komposer seperti Holst, Vaughan Williams, dan Britten; konduktor seperti Leopold Stokowski, Sir Colin Davis, dan Sir Roger Norrington; dan penyanyi seperti Dame Joan Sutherland, Sir Thomas Allen, dan Alfie Boe.

3. University Of Music And Performing Arts Vienna

Jika kamu merupakan salah satu penggemar musik klasik dan ingin memperdalam ilmu pengetahuan pada bidang tersebut, University of music and Performing Arts Vienna Austria bisa jadi pilihan.

Sebagai universitas berstandar internasional terdepan di bidang musik dan seni pertunjukan lainnya. Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1817 ini, memiliki lebih dari 3.000 murid dari lebih 70 negara. Murid-murid dari universitas ini telah banyak memenangkan kompetisi-kompetisi internasional di area musik.

4. Royal Conservatoire of Scotland, Inggris

sekolah seni pertunjukan terbaik di Inggris. Dulunya, Royal Conservatoire of Scotland (RCS) ini bernama Royal Scottish Academy of Music and Drama. Seperti nama lawasnya, sekolah yang terletak di Glasgow menawarkan studi di bidang tari, drama, musik, serta produksi film.

Saking prestisiusnya, RCS dikenal sebagai tempat seni pertunjukan paling sibuk di Inggris. Karena sekolah almamater aktor Rim Makarem ini menggelar lebih dari 500 pertunjukan setiap tahunnya. Dan, terbuka untuk publik.