Rekomendasi Sekolah Internasional Terbaik Di Indonesia

Perbedaan sekolah Internasional dan Nasional

Sekolah Internasional Terbaik Di Indonesia – Meski sama-sama institusi pendidikan, sekolah berstandar Internasional tentunya tidak sama dengan sekolah Nasional yang menggunakan sistem kurikulum dalam negeri.

Yang membedakan antara sekolah Internasional dengan sekolah Nasional diantaranya adalah kurikulum, fasilitas, tenaga pengajar, sistem pembelajaran, tugas dan ujian sekolah, serta bahasa pengantar.

Lantas sekolah Internasional mana saja yang unggul atau terbaik di Indonesia? Mari kita simak beberapa rekomendasi sekolah Internasional terbaik di Indonesia.

1. Gandhi Memorial International School

Gandhi Memorial International School adalah salah satu sekolah internasional di Jakarta yang menggunakan program IB Primary years dan IB Middle years sebagai sistem pembelajaran unggulannya. Fasilitas yang diberikan pun tidak main-main.

Sekolah ini memiliki 6 lantai dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan, ruang musik, lab komputer, ruang kelas, serta fasilitas lainnya. Kerennya, cabang Gandhi School telah tersebar di lebih dari 30 negara di seluruh dunia, lho.

Oleh karena itu swkolah ini termasuk SMA terbaik di Jakarta Utara dengan para lulusan yang berkualitas. Biaya tahunan di sekolah ini pun mulai dari Rp67.000.000 untuk jenjang TK. Sementara biaya di tingkat selanjutnya tentunya lebih tinggi.

2. Jakarta Intercultural School

Fasilitas yang tersedia disini ialah seperti perpustakaan dengan 130 ribu koleksi buku, 18 laboratorium sains, 4 gedung teater, 3 kolam renang, hingga beberapa lapangan serta 184 kelas.

Tak hanya menyediakan fasilitas yang oke, JIS menawarkan kurikulum IB dengan standar Amerika. Sehingga, tak heran jika JIS menjadi salah satu sekolah internasional di Jakarta yang menjadi favorit para expat untuk mendaftarkan putra-putrinya menempuh pendidikan.

Biaya per tahun di sekolah internasional yang satu ini pun mulai dari Rp361.000.000 hingga Rp478.600.000.

3. Singapore Intercultural School

Singapore Intercultural School (SIS) merupakan sekolah internasional di Semarang yang menggunakan kurikulum campuran antara Cambridge dan Singapura. Sistem pembelajaran yang diterapkan mendorong penyelarasan bahasa serta budaya belajar mandiri.

Selain itu, SIS juga berfokus mengembangkan keterampilan peserta didik agar sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Lulusan Singapore International School pun dipastikan memiliki skill lebih dibandingkan lulusan sekolah biasa.

SIS juga menawarkan beasiswa dengan syarat meraih minimal skor pada bidang akademik tertentu dan mampu melewati tes wawancara.
Biaya di sekolah Internasional ini pun mulai dari Rp39.000.000 hingga Rp185.000.000.

4. Sampoerna Academy Sentul

Selanjutnya ialah sekolah internasional di Bogor, yaitu Sampoerna Academy Sentul. Sekolah ini menerapkan kurikulum dengan metode lembaga pendidikan di Amerika Serikat, yakni Science, Technology, Engineering, Arts and Math. Metode tersebut mendorong peserta didik mengutamakan budaya inovasi serta kolaborasi dalam pembelajaran.

Kurikulum sekolah internasional di Bogor ini juga menerapkan kecakapan penggunaan berbagai bahasa sebagai integrasi komunikasi. Selain itu, ujian internasional dilaksanakan dengan basis NWEA MAP, American College Readiness Assessment, Cambridge Checkpoint, hingga program ujian IB Diploma.

Untuk biaya sekolah Internasional ini dari tingkat Kindergarten hingga Senior High School pun dimulai dari Rp43.000.000 hingga Rp100.000.000 per tahunnya.

5. The Intercultural School Of Bogor

Selain Sampoerna Academy, terdapat juga sekolah internasional lain di bogor yang bisa di jadikan pilihan para orang tua. Adalah The Intercultural School Of Bogor, yang menggunakan kurikulum The International Early Years (IEYC) dalam sistem pembelajaran anak usia 2-5 tahun.

Kurikulum IYEC dirumuskan berdasarkan riset yang mengutamakan praktik dalam pembelajaran anak-anak di usia dini. Sistem tersebut dinilai sebagai media yang tepat bagi masa transisi anak saat memasuki pendidikan formal sekolah dasar.

Untuk jenjang pendidikan dasar dan lanjut, kurikulum sekolah internasional di Bogor ini menggunakan program yang telah diterapkan di lebih dari 90 negara, yaitu the International Primary.

Biaya di sekolah ini pun bisa mencapai Rp58.000.000 tiap tahunnya.

6. Bandung Independent School

Bandung Independent School juga merupakan salah satu sekolah internasional di Bandung yang paling di rekomendasikan.

Sekolah yang berdiri sejak tahun 1972 oleh komunitas expatriat Bandung sebagai lembaga swasta independen ini termasuk dalam institusi berstandar internasional yang paling tua, lho. Biaya di sekolah ini pun mulai dari Rp129.000.000 hingga Rp239.000.000.

7. British International School

British International School (BIS) merupakan sekolah terbaik di Indonesia yang salah satu alumninya adalah Maudy Ayunda. Anda pasti sudah tahu kalau perempuan berprestasi yang satu ini telah di terima di dua kampus bergengsi kelas dunia.

BIS telah menjadi salah satu sekolah internasional di Jakarta yang paling direkomendasikan karena memiliki sistem pembelajarannya super oke. Yup, kurikulum sekolah internasional di Jakarta ini mengadopsi dari sistem pembelajaran Inggris serta menerapkan International Primary Curriculum.

BIS di naungi Kedutaan Besar Inggris, Sehingga tak heran jika sekolah ini menjadi favorit di kalangan selebritis. Adapun biaya di sekolah ini untuk SPP bulanannya ialah Rp21.000.000 dengan biaya antar jemput sebesar Rp9.300.000 tiap semester dan sekitar Rp300.000.000 untuk per tahunnya.