Kota Terbaik Di Dunia Untuk Pelajar

Kota Terbaik Di Dunia Untuk Pelajar – Bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan studi di luar negeri, selamat! Hal itu adalah awal dari langkah besar menuju perjalanan luar biasa yang bisa jadi sangat berbekas dalam hidup kamu.

Untuk yang sudah menentukan kemana tujuan belajarmu di luar negeri nanti, kamu mesti cek daftar di bawah, bisa jadi kota tujuanmu adalah salah satunya. Dan bagi kamu yang belum menentukan juga bisa kamu pertimbangkan!

Berikut adalah daftar kota terbaik di dunia untuk pelajar berdasarkan QS Best Student Cities Rankings 2019, kita bagi berdasarkan geografisnya.

Kota terbaik untuk pelajar di Eropa

London

London menduduki peringkat 1 sebagai kota terbaik untuk pelajar selama 2 tahun (2018 & 2019). Pengaruh utama mengapa London mendapat peringkat sangat tinggi dikarenakan terdapat banyak universitas berkualitas hanya dalam beberapa kilometer dari pusat kota.

University College London dan Imperial College London menduduki peringkat 8 dan 9 QS World University Rankings 2020. Biaya hidup di London terkenal mahal, namun kota ini penuh dengan diskon untuk pelajar, menjadikannya lebih terjangkau bagi kamu untuk belajar di sana.

Munich (München) & Berlin

Munich dan Berlin berada pada peringkat 4 dan 5 di dunia sebagai kota terbaik untuk pelajar. Technische Universität München dan Ludwig-Maximilians-Universität München menduduki peringkat 55 dan 63 QS World University Rankings 2020, Humboldt-Universität zu Berlin menduduki peringkat 120, Freie Universität Berlin peringkat 130, dan Technische Universität Berlin berapada di peringkat 147.

Munich dan Berlin mendapat skor tinggi untuk bagian keterjangkauan (affordability) karena tidak ada biaya kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa sarjana. Dan beberapa mahasiswa magister di universitas negeri di sebagian besar Jerman, terlepas dari negara mana dia berasal (syarat dan ketentuan berlaku).

Paris

Paris adalah QS Best Student City tahun 2016. Berada pada peringkat 7 di tahun 2019, Paris memiliki 12 universitas dan institusi. Dengan peringkat tertinggi dipegang oleh Université Paris Sciences & Lettres pada posisi 53 QS World University Rankings 2020. Paris punya reputasi biaya hidup yang mahal, namun hal ini diimbangi oleh biaya kuliah di sana yang cukup murah (peringkat 76 untuk affordability pada tahun 2019). Lagi pula, siapa yang tidak ingin belajar di Paris? The City of Love masih memiliki tempat di hati para pelajar di seluruh dunia.

Kota terbaik untuk pelajar di Amerika

Montréal

Montréal dikenal sebagai cultural capital Kanada, tempat bercampurnya banyak budaya dengan kombinasi musik, makanan, dan seni yang beragam. Berada pada peringkat ke 6 QS Best Student Cities Rankings tahun 2019. Montréal merupakan rumah bagi beberapa universitas peringkat tertinggi Kanada, termasuk McGill University (peringkat ke 35 di dunia, peringkat 2 di Kanada) dan Université de Montréal (peringkat 137 dunia, peringkat 5 di Kanada). Kota ini juga merupakan kandidat wajib dalam daftar tempat terbaik di dunia untuk tinggal.

Toronto

Peringkat 11 Best Student Cities Rankings 2019, merupakan rumah bagi universitas terbaik di kanada, University of Toronto (peringkat 29 di dunia). Toronto mencetak skor tertinggi ke 3 dalam hal desirability. Hal ni mencerminkan kualitas hidup yang tinggi dan statusnya sebagai tujuan belajar yang diminati oleh para pelajar di seluruh dunia. Satu kata untuk Toronto adalah “diversity“, mengacu pada berbagai kegiatan yang ditawarkan kota ini, dan keberagaman komunitasnya.

Boston & New York

Tidak usah di ragukan lagi, Boston adalah salah satu pusat akademik paling terkenal di dunia. Dan posisinya semakin didukung oleh universitas-universitas yang berlokasi di wilayah Greater Boston, di kota tetangga Cambridge. Berada pada ranking 12, dan merupakan sarang dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University, masing-masing menempati peringkat pertama dan ketiga dalam QS World University Rankings 2020. Selain itu, Boston adalah rumah bagi enam universitas yang bertaraf internasional, membentuk pusat akademik intelektual yang membuatnya mendapat julukan ” the Athens of America “.

New York sebagai rumah dari world famous Columbia University (peringkat 18) dan New York University (NYU) pada peringkat 39, tidak diragukan lagi adalah salah satu kota terbaik di dunia untuk pelajar dan berada pada peringkat 19 QS Best Student Cities Rankings 2019. It’s New York! Enough said.

Vancouver

Masih dari Kanada, peringkat 16 dunia, Vancouver adalah rumah bagi dua universitas yang masuk dalam QS World University Rankings 2020, University of British Columbia (peringkat ke 51 di dunia) dan Simon Fraser University (peringkat ke 314 di dunia). Simon Fraser University menawarkan suasana belajar yang sangat unik, berkat lokasi kampus utamanya berada di tengah Burnaby Mountain Conservation Area, tepat di luar kota. Selain itu, pantai, hutan, dan gunung yang menakjubkan semuanya mudah dijangkau dari Vancouver. Bagi mereka yang lebih suka kegiatan budaya, Vancouver juga menawarkan beragam nightlife, teater, dan musik.

Kota terbaik untuk pelajar di Asia

Tokyo

Sebagai kota terbaik untuk para pelajar, Tokyo berada tepat di bawah London pada peringkat 2 selama 2 tahun berturut (2018 & 2019). Megapolitan ini berisi 12 universitas dan institut bertaraf internasional, diantaranya adalah University of Tokyo (peringkat 22), Tokyo Institute of Technology (peringkat 58), dan Waseda University (peringkat 196; kampusnya Jerome Polin Sijabat). Tokyo juga menghadirkan peluang profesional dan internship yang sangat luas dan beragam, secara konsisten mendapat peringkat terbaik di dunia untuk indikator employer activity. Tokyo is the home of anime and the city of culture

Seoul

Ibukota Korea Selatan ini menduduki peringkat 10 kota terbaik di dunia untuk pelajar. Seoul juga mencetak peringkat ke 6 dalam indikator employer activity. Tidak kurang dari 18 universitas di Seoul masuk dalam QS World University Rankings 2020 (setara dengan London). Dengan peringkat tertinggi adalah Seoul National University, pada peringkat ke 37 di dunia.

Hongkong

Juga berada pada peringkat ke 10 bersama dengan Seoul. Terdapat hampir 20 lembaga pendidikan tinggi pemberi gelar di Hong Kong, yang delapan di antaranya didanai publik. Ada 8 universitas negeri di Hong Kong menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk sebagian besar program studinya. Di QS World University Rankings 2019, entri tertinggi Hong Kong adalah University of Hong Kong (peringkat 25), kemudian Hong Kong University of Science and Technology yang terus meningkat peringkatnya (peringkat 37), diikuti oleh Chinese University of Hong Kong (peringkat 49).

Demikian beberapa daftar kota terbaik untuk pelajar. Pastikan kamu dapat meraih kesempatan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, dan rasakan pengalamannya di salah satu kota tersebut!