Masa Pemerintahan Terpanjang – Monarki atau Kerajaan adalah salah satu bentuk pemerintahan yang ada di dunia. Dalam bentuk pemerintahan monarki, keapala negaranya bukanlah presiden, melainkan seorang raja.

Raja tersebut memerintah selama seumur hidup dan penguasa selanjutnya di tetapkan berdasarkan keturunan, seperti yang tertulis dalam buku Kewarganegaraan 5 yang disusun oleh Rachmat, Sukidjo dan Tukimo.

Dalam kaitannya, dalam sistem pemerintahan monarki, pemilihan umum tidak berlaku. Salah satu contoh kepala negara dari bentuk pemerintahan monarki adalah mendiang Ratu Elizabeth II yang menghembuskan nafas terakhirnya pada 8 September 2022.

Elizabeth II merupakan seorang Ratu dari kerajaan Inggris. Beliau memerintah dalam periode yang cukup panjang, yaitu 70 tahun dan 214 hari.

Selain Ratu Elizabeth II, terdapat sejumlah raja yang menjabat sebagai kepala negara dengan masa pemerintahan yang lama. Siapa saja? Dilansir dari World Atlas pada Rabu (21/9/2022). Berikut pembahasannya.

Raja dan Ratu dengan Masa Pemerintahan Terpanjang di Dunia

1. Raja Louis XIV – Prancis

Raja Louis XIV adalah seorang raja yang paling lama memerintah sepanjang sejarah. Ia menjabat sebagai raja selama 72 tahun dan 110 hari.

Louis XIV naik tahta di Prancis ketika usianya masih 4 tahun, tepat setelah kematian ayahnya yaitu Raja Louis XIII.

Meski resmi menjadi raja pada saat itu, ibunyalah yang mengatur jalannya pemerintahan. Dikarenakan Louis XIV masih terlalu kecil untuk memerintah.

Raja Louis XIV biasa disebut sebagai Raja Matahari atau King of the Sun, ia juga merupakan tokoh yang membangun istana Versailles.

2. Ratu Elizabeth II

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, Ratu Elizabeth II memerintah selama 70 tahun 214 hari. Sebenarnya, di kala itu dirinya tidak berada di garis untuk menjadi seorang raja yang berkuasa di Inggris.

Namun, terjadi sebuah insiden dimana pamannya, Raja Edward VIII tiba-tiba turun tahta pada tahun 1936 untuk menikahi Wallis Simpson.

Gereja Inggris dan Perdana Menteri kala itu menolaknya menikahi seorang janda. Setelah mengalami penurunan tahta, ayah Elizabeth II, Raja George VI di dorong menjadi seorang raja untuk menggantikan Raja Edward VIII. Ia menempatkan Ratu Elizabeth II untuk memerintah setelahnya.

Pada tahun 1952, Elizabeth II menerima mahkotanya di saat usia 25 tahun, ia terus memerintah hingga tahun 2022.

Ratu Elizabeth menjadi salah satu Ratu Inggris yang paling lama memerintah sepanjang sejarah. Semasa pemerintahannya, ia berhasil memimpin lebih dari 15 perdana menteri Inggria, dan bekerja dengan 14 presiden Amerika Serikat.

3. Rama IX – Thailand

Berikutnya adalah seorang raja yang berasal dari Dinasti Chakri, Thailand, yaitu Rama IX. Beliau memerintah sebagai kepala negara Thailand selama 70 tahun dan 126 hari.

Rama IX telah menyaksikan negaranya melalui berbagai krisis konstitusional, termasuk kudeta militer. Ia meninggal pada tahun 2016 dan digantikan oleh putranya, Rama X yang merupakan Raja Thailand saat ini.

4. Johan II – Liechtenstein

Raja dengan masa pemerintahan terpanjang selanjutnya adalah Johan II, seorang pangeran dari Liechtenstein, sebuah negara kecil yang berbatasan dengan Swiss dan Austria.

Johan II memerintah selama 70 tahun dan 91 hari, mulai dari tahun 1858-1929. Ia dikenal setelah menulis konstitusi pertama Liechtenstein dan menghapuskan militer negaranya untuk menghemat pengeluaran.

Sejak saat itu, hingga kini, negara tersebut menjadi salah satu negara yang tidak memiliki angkatan bersenjata sendiri.

Meski pemerintahannya panjang, Johan II tidak pernah menikah seumur hidupnya. Sehingga setelah kematiannya, posisi Johan II digantikan oleh saudaranya pada tahun 1929.

5. K’inich Janaab’ Pakal – Palenque

K’inich Janaab’ Pakal – Palenque merupakan seorang raja dari kota Maya Palenque yang sekarang dikenal sebagai Chiapas, Meksiko.

Raja K’inich Janaab’ Pakal menjadi seorang raja di tahun 617 dan memerintah selama 68 tahun 33 hari. Pakal membangun kuil prasasti yang merupakan piramuda berundak terbesar di Palanque.

Piramida tersebut dinilai penting karena sebagian besar teks hieroglif tersimpan di dalamnya dan menjadi sumber informasi sejarah Maya.

Itulah sejumlah raja dan ratu dengan masa pemerintahan terlama sepanjang sejarah. Semoga dapaat menambah wawasan kamu ya!