Beasiswa S2 di Indonesia – Beasiswa S2 di Indonesia yang tersedia terbilang cukup banyak jenisnya. Baik dari pemerintah maupun dari perusahaan atau swasta.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi pascasarjana, dalam meringankan beban biaya studi termasuk riset dll. Bisa mengajukan pendanaan melalui jaringan-jaringan beasiswa yang telah tersedia selama ini.

Berikut adalah beberapa beasiswa yang sudah aktif selama bertahun-tahun yang mensponsori mahasiswa pascasarjana di tanah air.

Kamu bisa memilih salah satu di antaranya sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang tersedia di situs-situs resminya.

1. Beasiswa Bidikmisi

Lebih dikenal dengan nama KIP Kuliah beasiswa ini tidak hanya bagi mahasiswa S1 melainkan pula bagi mahasiswa yang melanjutkan studi S2.Pembiayaan yang diperoleh tanggungan kuliah penuh bagi penerima beasiswa.

2. Beasiswa LPDP

Di tahun 2013, beasiswa LPDP telah hadir sebagai bantuan biaya kuliah pascasarjana dan menjadi daya tarik bagi banyak orang yang mau melanjutkan studi S2-nya.

LPDP memiliki beberapa jenis beasiswa. Di antaranya beasiswa LPDP afirmasi, beasiswa LPDP reguler, beasiswa pendidik dan beasiswa dokter spesialis.

Untuk periode tahun akademik 2021/2022, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa S2 di Indonesia dari LPDP ini masih terbuka lebar. Karena beasiswa ini mulai dibuka pada bulan April atau Mei mendatang dan juga pada bulan Oktober nanti.

Pendanaan dalam beasiswa ini berupa bantuan biaya kuliah penuh.

3. Beasiswa GSEP

Sebuah Organisasi non profit GSEP (Global Sustainable Electricity Partnership) menawarkan beasiswa S2 terhadap mahasiswa dari negara-negara berkembang. Dana yang akan diterima oleh penerima beasiswa sebesar $21.000, masing-masing pertahun selama 2 tahun.

4. Beasiswa Unggulan

Beasiswa S2 di Indonesia yang satu ini berasal dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Yang dibagi jadi dua jenis, yakni Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud dan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi.

5. Beasiswa Wellcome

Berpusat di Inggris, Welcome adalah nama suatu yayasan amal dengan misi global. Beasiswa S2 yang ditawarkan oleh yayasan ini khusus bagi masyarakat internasional yang mau melanjutkan kuliah S2 baik dalam maupun luar negeri.

Biaya penanggungannya adalah berupa biaya kuliah, tanggungan biaya hidup serta biaya penelitian.

6. Beasiswa PMDSU

Beasiswa S2 di Indonesia dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini ditujukan khusus kepada mahasiswa lulusan S1. Yang dimana ingin melanjutkan kuliah hingga S3 serta menjadi Dosen nantinya.

Pembiayaan yang akan diperoleh adalah tanggungan biaya kuliah secara penuh selama pendidikan S2 dan doktor atau S3 selama 4 tahun.

7. Beasiswa BUDI (Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia)

BUDI tersedia khusus kepada dosen yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3. Peruntukannya secara luas baik bagi dosen dari PTN maupun dari PTS.

Pendanaan yang akan diterima berupa tanggungan biaya kuliah penuh.

8. Beasiswa Dexa Award

Beasiswa Dexa Award di Indonesia ini rutin dibuka setiap tahun. Dexa Group memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa S1 yang ingin lanjut studi pascasarjana dalam negeri.

Persyaratan penting untuk beasiswa ini adalah proposal riset pascasarjana yang diusulkan berkaitan dengan kesehatan. Dengan catatan kampus asal harus terakreditasi A.

Pendanaan yang akan diterima berupa biaya riset serta biaya pendidikan.

9. Beasiswa FINCAD

FINCAD merupakan lembaga yang menyediakan portofolio dan analisis resiko dengan basisnya di Kanada. Beasiswa FINCAD khusus ditujukan kepada kaum wanita yang ingin studi lanjut S2 dan berhubungan dengan keuangan.

Pembiayaan yang akan diperoleh adalah uang sebesr US$20.000.  Persyaratan umum pengalaman kerja minimal 5 tahun pada sektor keuangan.

Itulah beberapa jenis beasiswa yang dikenal oleh umum untuk membantu pendanaan kuliah pascasarjana. Beasiswa S2 di Indonesia di atas tidak hanya berlaku bagi calon mahasiswa atau mahasiswa on going dalam negeri. Tetapi berlaku juga pada mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Silahkan mengunjungi situs-situs resmi sponsor beasiswa terkait untuk mengetahui persyaratan lengkap dan informasi lanjutannya.