Beasiswa Full Di Belanda Yang Wajib Kamu Coba

Beasiswa full di Belanda – Kuliah ke luar negeri, termasuk Belanda kini bukan hanya sekedar angan-angan. Pasalnya, tidak sedikit institusi yang menawarkan program beasiswa.

Beasiswa yang ditawarkan tersebut pun beraneka ragam, baik dalam bentuk fully-funded ataupun partially-funded.

fully-funded (gratis plus diberi uang saku bulanan), sedangkan partially-funded (hanya membiayai beberapa komponen saja, umumnya menggratiskan tuition fee)

Berikut beberapa beasiswa tipe fully-funded yang wajib kamu coba, jika kamu mau kuliah gratis ke negeri kincir angin.

1. Studeren in Nederland (StuNed)

Beasiswa pertama yang bisa dicoba untuk kamu yang ingin kuliah di Belanda tanpa biaya adalah StuNed.

Beasiswa StuNed berasal dari pemerintah Belanda dan hanya diperuntukkan untuk WNI. Dan merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan pemerintah Indonesia.

Peluang untuk lolos dari beasiswa ini bisa dibilang cukup besar, di karenakan persaingannya hanya dengan sesama orang Indonesia saja.

Ada 2 program beasiswa StuNed yang bisa kamu pilih, yaitu program short course (durasi program 2 hingga 12 minggu) dan master course (durasi program 12 hingga 24 bulan). Namun untuk mendaftar, kamu harus memiliki Letter of Acceptance (LoA) dari universitas di Belanda.

Keuntungan yang di tawarkan berupa tuition fee (maksimal EUR 20.000 per tahun), biaya hidup (uang bulanan), tiket pesawat Indonesia-Belanda PP, dan biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi.

Dan Beasiswa ini di buka setiap awal tahun pada bulan Maret untuk intake di bulan September.

2. Orange Knowledge Programme

Beasiswa kedua yang bisa kamu apply untuk kuliah di Belanda tanpa biaya adalah Orange Knowledge Programme, yang sebelumnya dikenal dengan nama Netherlands Fellowship Programme (NFP).

Dana beasiswa OKP berasal dari pemerintah Belanda dan dikelola oleh Ministry of Foreign Affairs of the Netherlands. Pastikan kamu sudah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun jika ingin mendaftar beasiswa yang satu ini.

Kamu harus bersaing dengan pelamar dari 51 negara lain yang juga menjadi fokus beasiswa ini. Untuk pelamar dari Indonesia, bidang yang menjadi prioritas adalah Rule of Law, Water, Agriculture, dan Sustainable Entrepreneurship.

Beasiswa ini men-cover tuition fee, biaya hidup (uang bulanan), tiket pesawat Indonesia-Belanda PP, serta beberapa komponen pembiayaan lain yang diperlukan untuk mendukung studimu di Belanda.

Beasiswa OKP biasanya dibuka 3 kali setiap tahunnya, yaitu pada bulan Februari, Juni, dan September. Aplikasi pada bulan September khusus untuk pendaftar short courses.

3. Holland Scholarship S2, S3

Holland Scholarship adalah beasiswa yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains bersama dengan universitas riset di Belanda. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa di luar Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) yang ingin melanjutkan gelar sarjana dan magister di Belanda.

Deadline pendaftaran: 1 Mei 2021

4. Orange Tulip Scholarship S1, S2

Beasiswa partial funded ini ditujukan untuk WNI yang minat melanjutkan kuliah di Belanda, baik jenjang bachelor atau master di universitas-universitas Belanda.

Berbeda dengan beasiswa lain, Orange Tulip Scholarship ini menyediakan program foundation yaitu sebuah program bimbingan untuk kamu yang belum memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Cukup banyak perguruan tinggi atau universitas Belanda yang berpartisipasi dalam skema beasiswa ini. Misalnya, Radboud University, Tilburg University, Rotterdam Business School, The Hague University of Applied Sciences, Groningen, Institute of Housing and Urban Development Studies (IHS), University of Twente, Maastricht School of Management, Breda University of Applied Sciences, Amsterdam Business School, University of Groningen, dll.

Deadline pendaftaran: 1 Mei 2021

5. Erasmus+

Beasiswa Erasmus+ merupakan beasiswa dari Uni Eropa. Beasiswa ini bisa kamu ambil untuk studi ke berbagai negara Eropa, termasuk ke Belanda. Ada beragam program yang ada, seperti student exchange ataupun program S1, S2, dan S3.

Beasiswa ini juga meng- cover kuliahmu secara penuh, seperti tuition fee , uang saku bulanan, tiket pesawat PP, asuransi, dan lain-lain. Dari segi finansial, besaran uang saku bulanan yang diberikan Erasmus+ bisa berbeda-beda tergantung negara tujuan dan durasi program.

Demikian informasi Beasiswa Full Di Belanda Yang Wajib Kamu Coba!