Universitas Terbaik Batam Beserta Program Studinya

Batam adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki perkembangan cukup pesat di bidang industri. Namun banyaknya kemajuan pada aspek pendidikan di Batam juga mengimbangi perkembangan di bidang industrinya.

Saat ini ada beberapa perguruan tinggi terbaik yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa yang ingin kuliah di Batam.

Nah, sebelum itu ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu Universitas terbaik di Batam yang akan diulas lengkap di bawah ini.

Universitas Terbaik Batam, berikut daftarnya :

1. Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam merupakan satu-satunya PTN yang ada di Batam. Diresmikan pada tahun 2000 silam, kala itu statusnya masih swasta dengan hanya memiliki 3 program studi saja.

Dan resmi berganti status menjadi Negeri di tahun 2010 dan telah berulang kali mencetak banyak prestasi yang membanggakan.

Beberapa kejuaraan bergengsi yang pernah diraih diantaranya, juara 1 KRI Nasional setelah beberapa tahun sebelumnya predikat ini selalu diraih PENS-ITS Surabaya, runner up kedua mewakili Indonesia dalam ajang Asia Pasific Abu Robocon Contest yan diselenggarakan di Bangkok, Thailand.

Adapun program studi yang dapat kamu tempuh di Politeknik Negeri Batam, yaitu: Teknik informatika, teknik elektro, teknik mesin, dan manajemen bisnis.

2. Universitas Internasional Batam

Universitas Internasional Batam adalah salah satu kampus swasta yang resmi berdiri di tahun 2000. Sesuai dengan namanya, universitas ini memiliki pendidikan tingkat internasional.

Kamu akan merasakan proses pengembangan kompetensi diri dengan program studi, sehingga siap menghadapi tantangan dunia kerja, baik di dalam maupun luar negeri. Dan memiliki fasilitas yang sangat membantu kesuksesan kamu selama perkuliahan.

Selama kuliah kamu memperoleh bimbingan karir profesioanal dengan memanfaatkan banyaknya industri manufaktur yang ada di Batam, Malaysia, dan Singapura.

UIB memiliki program studi yang terdiri dari, Akuntansi, Sistem Informasi, Manajemen, Manajemen Perhotelan, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Ilmu Hukum.

3. Universitas Batam

Universitas Batam atau dikenal dengan UNIBA adalah kampus yang didirikan oleh Yayasan Griya Husada Kota Batam. Kampus ini cocok bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang kedokteran.

Universitas ini memiliki pengajar dengan kompetensi terbaik dan telah memiliki gedung delapan lantai dengan laboratorium kedokteran dan kesehatan terlengkap di wilayah korpetis X, yakni Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepri).

Universitas Batam memiliki beberapa fakultas, di antaranya adalah Fakultas Kedokteran, Ekonomi, Hukum, dan Teknik. UNIBA juga memiliki prodi S2 yang terdiri dari prodi Ilmu Hukum, Akuntansi, dan Kenotariatan.

4. Universitas Putera Batam

Universitas ini dulunya bernama Lembaga Pendidikan Putera Batam yang mengajarkan pendidikan bahasa Inggris dan komputer.

Kemudian pada tahun 2002 beralih status sebagai Akademi Bahasa Asing (ABA) Putera Batam. Hingga saat ini statusnya telah berganti menjadi universitas.

UNIBA menawarkan program studi, seperti Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Administrasi Negara.

5. Universitas Riau Kepulauan

Universitas Riau Kepulauan adalah gabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Sekolah Tinggi Teknik pada tahun 2005 silam. Kedua sekolah tinggi tersebut merupakan yang pertama di Kota Batam.

Program studi yang ditawarkan Universitas Kepulauan Riau, diantaranya. Teknik elektro, teknik sipil, tekni industri, teknik arsitektur, teknik mesin, akuntansi, manajemen, ilmu hukum, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (pendidikan bahasa Inggris, Biologi, sejarah, matematika, bimbingan konseling), fakultas ilmu sosial dan ilmu pemerintah, dan S2 Magister Manajemen.