Universitas Jurusuan Ilmu Komunikasi Terbaik Di Indonesia

Universitas Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak prospek kerja, mulai dari industri hiburan, media, hingga jurnalistik. Banyak jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia yang mencari incaran para calon mahasiswa.

Lembaga pemeringkatan THE WUR atau Times Higher Education World University Rankings telah merilis peringkat perguruan tinggi dunia yang diukur dengan THE WUR by Subject 2022 atau dengan bidang keilmuan.

Indikator dari pemeringkatan ini adalah sitasi, pendapatan industri, pandangan internasional, riset, serta pengajaran.

Dalam bidang ilmu sosial, THE WUR by Subject 2022 menyoroti universitas yang memimpin dalam studi ilmu komunikasi dan media, politik, hubungan internasional, sosiologi dan geografi.

Untuk kamu yang tertarik dengan jurusan Ilmu Komunikasi, berikut daftar terbaiknya menurut THE WUR 2022.

Universitas Jurusuan Ilmu Komunikasi

1. Universitas Indonesia (UI)

Dalam disiplin Ilmu Komunikasi dan Studi Media, Universitas Indonesia berada di peringkat 401-500 dunia dengan total skor indikator sebanyak 28.2–32.1.

Dalam program Sarjana Ilmu Komunikasi UI, mahasiswa akan diarahkan pada peminatan-peminatan yang mencakup secara khusus bidang Jurnalisme, Komunikasi Media, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan.

Selain program sarjana reguler, Departemen Ilmu Komunikasi UI juga menyelenggarakan pendidikan untuk program sarjana nonreguler (paralel) dan kelas khusus internasional.

2. Universitas Airlangga (Unair)

Dalam disiplin Ilmu Komunikasi dan Studi Media, Universitas Airlangga berada di peringkat 601+ dunia dengan total skor 9.5–24.3.

Sama seperti Universitas Indonesia, prodi Ilmu Komunikasi Unair masuk dalam Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial.

3. Binus University

Dalam disiplin Ilmu Komunikasi dan Studi Media, Binus University berada di peringkat 601+ dunia dengan total skor: 9.5–24.3.

Dikutip dari laman Gramedia, Binus memiliki 7 fakultas dengan 4 program diploma, 51 program sarjana, 6 program magister, dan 2 program doktor.

4. Universitas Diponegoro (Undip)

Dalam disiplin Ilmu Komunikasi dan Studi Media, Universitas Diponegoro menduduki peringkat dunia ke 601+ dengan total skor 9.5–24.3.

5. Universitas Brawijaya (UB)

Dalam disiplin Ilmu Komunikasi dan Studi Media, Universitas Brawijaya masuk dalam peringkat 601+ dunia dengan total skor 9.5–24.3.

6. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia: 601+
Total skor: 9.5–24.3

7. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad yang lahir pada 18 September 1960 merupakan Fakultas Ilmu Komunikasi pertama di Indonesia.

Selama lima puluh tahun, Fikom Unpad telah membuktikan dirinya sebagai penyelenggara pendidikan dan penelitian di bidang ilmu komunikasi.

Rentetan penghargaan yang berhasil diraih fakultas ini, dan pengakuan terakhir didapatkan yaitu penghargaan sebagai “The Best Universities School of Communications” dari Majalah MIX Marketing.

Peringkat dunia: 601+
Total skor: 9.5–24.3