Rekomendasi Kampus di Salatiga Terbaik

Rekomendasi Kampus di Salatiga – Salatiga adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah. Oleh pemerintah Hindia Belanda, kota di Salatiga dijuluki sebagai “De Schoonste Stad Van Midden-Java” (kota terindah di Jawa Tengah).

Berjarak sekitar 49 kilometer dari ibu kota Jawa Tengah, Semarang, Kota Salatiga menjadi tujuan alternatif mencari perguruan tinggi. Di kota ini terdapat berbagai universitas, institut, sekolah tinggi, dan akademi yang menawarkan berbagai jurusan dengan biaya bervariasi.

Kampus di Salatiga

Perguruan tinggi di Salatiga tersebar di berbagai wilayah seperti Salatiga, Argomulyo, dan Bendosari. Bagi Anda yang bercita-cita mendalami ilmu teologi, kota ini memiliki sejumlah kampus dan sekolah tinggi yang menyediakan jurusan tersebut.

Berikut adalah rekomendasi kampus paling terbaik di Salatiga.

1. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) adalah sebuah universitas di Salatiga yang beralamat di Jalan Diponegoro 52-60.

UKSW adalah universitas swasta di Salatiga yang memiliki reputasi yang cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan didapatnya akreditasi A (untuk institusi) dari BAN-PT dengan No SK 58/SK/BAN-PT/SURV-BDG/Akred/PT/III/2018.

Apabila Anda ingin mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa di universitas ini, maka akan terdapat 14 pilihan fakultas yang dapat dipilih.

Diantaranya adalah Fakultas Pertanian dan Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Biologi, Fakultas Tekhnologi Informasi, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teologi, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknologi Informatika dan Komputer, serta beberapa program studi pascasarjana.

2. Institut Agama Islam Negeri Salatiga

IAIN Salatiga, sebelumnya bernama STAIN Salatiga ini merupakan salah satu institute/ perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Salatiga. Kampus ini sudah mulai berdiri sejak tahun 1997 yang memiliki afiliasi dengan agama islam. Kampus ini dipimpin oleh seorang rektor yang bernama professor Dr. Zakiyuddin Baidhawi, M. Ag.

Fakultas yang ada yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Syariah/Hukum, Dakwah/Komunikasi, serta Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora. Ada juga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

3. Akademi Kebidanan Ar-Rum Salatiga

Akademi Kebidanan Ar Rum ini menyelenggarakan program pendidikan D-III Kebidanan dan S1 Farmasi. Dan sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan No SK 0506/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2017.

4. Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga

Masih berkecimpung di dunia kesehatan, khsusunya kebidanan. Didirikan pada 25 September 2007, Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga juga menjadi banyak pilihan calon mahasiswa yang ingin mendalami ilmu kebidanan. Tidak hanya itu saja, Akademi ini juga telah berhasi meluluskan banyak mahasiswa yang berprestasi, profesional, dan tentu mampu bersaing secara global.

5. Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Satya Wacana Salatiga

STIBA Satya Wacana merupakan sekolah tinggi yang didirikan tanggal 21 September 1998 oleh Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW). Sekolah tinggi swasta ini membuka jurusan Sastra Inggris, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Mandarin. STIBA Satya Wacana beralamat di Jl. Kartini No. 16-17, Salatiga.

6. Sekolah Tinggi Theologi Nusantara

Rekomendasi kampus di Salatiga paling terbaik yang selanjutnya adalah Sekolah Tinggi Theologi Nusantara yang sudah dibuka sejak tahun 1987 silam. Serta sempat mengalami perubahan nama menjadi Akademi Teologi Salatiga dan akhirnya namanya menyandang Sekolah Tinggi di tahun 1955 dan terdaftar di Kementerian Agam di tahun 1999.